Laporan Akhir 3, Modul 1





1. Komponen [kembali]

Gambar 1. Komponen Percobaan 3 (KEYPAD)


Gambar 2. Komponen Percobaan 3 (LCD)


2. Rangkaian Simulasi [kembali]

       
Gambar 3. Rangkaian Percobaan 3 



3. Flowchart [kembali]

Gambar 3. Flowchart Percobaan 1


4. Listing Program  [kembali]


#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad

// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
  // set up the LCD's number of columns and rows:
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {
char key = keypad.getKey();

    if (key) {
        lcd.print(key);
    }
}


5. Video [kembali]






6. Analisa [kembali]

1. Pada rangkaian percobaan 3 kenapa digunakan pin data hanya dari D4 sampai D7?

Jawab:

Pada percobaan 3 pin yang digunakan hanya dari D4 sampai D7 karena keypad yang digunakan yaitu keypad 3x4 yang hanya membutuhkan 4-bit data sehingga Arduino yang digunakan yaitu Arduino uno. Jika keypad 4x4 yang membutuhkan 8-bit data dan pin nya yang dipakai yaitu D0-D7 sehingga menggunakan Arduino Mega agar terhubung dengan Arduino.

 

2. Pada percobaan tiga digunakan keypad 3x4. Apakah ketika kita gunakan keypad 4x4 ada perbedaan dari programnya? Jelaskan dimana? 

Jawab :

Jika ingin menggunakan keypad 4x4 listing program nya memiliki beberapa perbedaan dengan keypad 3x4 yaitu merubah jumlah pada deklarasi baris kolom menjad 4,4. Menambah karakter untuk keypad nya dan menambah pin pin nya. 


7. Link Download [kembali]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar